Jaringan Komunikasi Dengan Satelit

Jaringan komunikasi tanpa kabel yang menggunakan satelit berfungsi sebagai pemancar, penerima, dan penguat. Sistem komunikasi ini menggunakan gelombang sebagai penghantar datanya.

Sebuah jaringan telekomunikasi adalah kumpulan terminal, link dan node yang terhubung untuk memungkinkan telekomunikasi antara pengguna dari terminal. Jaringan mungkin menggunakan sirkuit switching atau beralih pesan. Setiap terminal dalam jaringan harus memiliki alamat unik sehingga pesan atau sambungan dapat diteruskan ke penerima yang benar. Pengumpulan alamat dalam jaringan disebut ruang alamat.

Link menghubungkan node bersama dan sendiri dibangun di atas jaringan transmisi dasar yang secara fisik mendorong pesan di link.

Contoh jaringan telekomunikasi adalah:
jaringan komputer
Internet
jaringan telepon
jaringan global Telex
jaringan ACARS penerbangan

Pesan dan Protokol

Pesan yang dihasilkan oleh terminal pengirim, kemudian melewati jaringan link dan node sampai mereka tiba di terminal tujuan. Ini adalah tugas dari node intermediate untuk menangani pesan dan rute mereka ke link yang benar menuju tujuan akhir mereka.

Pesan Theee terdiri dari kontrol (atau sinyal) dan bagian pembawa yang dapat dikirim bersama-sama atau secara terpisah. Bagian pembawa adalah konten yang sebenarnya bahwa pengguna ingin mengirimkan (misalnya beberapa pidato disandikan, atau email) sedangkan bagian pengendali menginstruksikan node mana dan mungkin bagaimana pesan harus dikirim melalui jaringan. Sejumlah besar protokol telah dikembangkan selama bertahun-tahun untuk menentukan bagaimana setiap jenis yang berbeda dari jaringan telekomunikasi harus menangani kontrol dan pembawa pesan untuk mencapai hal ini efisien.

Komponen Komunikasi

Semua jaringan telekomunikasi terdiri dari lima komponen dasar yang hadir dalam setiap lingkungan jaringan tanpa memandang jenis atau digunakan. Komponen-komponen dasar meliputi terminal, prosesor telekomunikasi, saluran telekomunikasi, komputer, telekomunikasi dan perangkat lunak kontrol.

Terminal adalah titik awal dan berhenti di setiap lingkungan jaringan telekomunikasi. Setiap masukan atau perangkat output yang digunakan untuk mengirimkan atau menerima data dapat diklasifikasikan sebagai komponen terminal.

Prosesor telekomunikasi mendukung transmisi data dan penerimaan antara terminal dan komputer dengan menyediakan berbagai kontrol dan fungsi pendukung. (yaitu mengkonversi data dari digital ke analog dan kembali).

Saluran telekomunikasi adalah cara dengan data yang dikirim dan diterima. Saluran telekomunikasi diciptakan melalui berbagai media yang paling populer termasuk kabel tembaga dan kabel coaxial (kabel terstruktur). Kabel serat optik semakin digunakan untuk membawa lebih cepat dan lebih koneksi kuat untuk bisnis dan rumah.

Dalam telekomunikasi sebuah komputer lingkungan yang terhubung melalui media untuk melakukan tugas komunikasi mereka. Telekomunikasi perangkat lunak kontrol hadir di semua komputer jaringan dan bertanggung jawab untuk mengendalikan aktivitas jaringan dan fungsionalitas.

Jaringan awal dibangun tanpa komputer, tapi di akhir abad ke-20 pusat-pusat mereka switching adalah komputer atau jaringan diganti dengan jaringan komputer.

Jaringan Struktur

Secara umum, setiap jaringan telekomunikasi secara konseptual terdiri dari tiga bagian, atau pesawat (disebut demikian karena mereka dapat dianggap sebagai, dan sering, jaringan overlay terpisah):

Pesawat kontrol membawa informasi kontrol (juga dikenal sebagai sinyal).
Pesawat data atau pengguna pesawat atau pesawat pembawa membawa trafik pengguna jaringan.
Pesawat membawa manajemen operasi dan lalu lintas administrasi yang dibutuhkan untuk manajemen jaringan.

Leave a Reply